2 Ayat Terakhir Surah Al Baqarah 285-286 dan Keutamaannya, Pelindung dari Segala Keburukan (2024)

moms-life

Amira Salsabila | HaiBunda

Selasa, 25 Jun 2024 07:16 WIB

Jakarta -

Al-Qur’an adalah kitab suci terakhir yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Di dalamnya terdapat ayat-ayat suci yang memiliki keutamaan bagi umat Islam yang membacanya.

Dalam hal ini, Bubun akan membahas terkait keutamaan dua ayat terakhir dalam surah Al-Baqarah, yakni 285-286. Dua ayat tersebut bisa dibaca setiap hari sebagai amalan bernilai pahala, Bunda.

Bahkan, Rasulullah SAW menganjurkan seluruh umat Islam untuk membaca dua ayat terakhir surah Al-Baqarah setiap malam.


Dari Abu Mas’ud Al-Badri, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Artinya:

“Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bunyi dua ayat terakhir surah Al-Baqarah dan terjemahan

Al-Baqarah adalah surah kedua setelah surah Al-Fatihah dalam Al-Qur’an. Berikut adalah bacaan dua ayat terakhir beserta terjemahannya.

Surah Al-Baqarah ayat 285

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

āmanar-rasụlu bimā unzila ilaihi mir rabbihī wal-mu`minụn, kullun āmana billāhi wa malā`ikatihī wa kutubihī wa rusulih, lā nufarriqu baina aḥadim mir rusulih, wa qālụ sami'nā wa aṭa'nā gufrānaka rabbanā wa ilaikal-maṣīr

Artinya:

"Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), "Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya." Dan mereka berkata, "Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali."

Surah Al-Baqarah ayat 286

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

lā yukallifullāhu nafsan illā wus'ahā, lahā mā kasabat wa 'alaihā maktasabat, rabbanā lā tu`ākhiżnā in nasīnā au akhṭa`nā, rabbanā wa lā taḥmil 'alainā iṣrang kamā ḥamaltahụ 'alallażīna ming qablinā, rabbanā wa lā tuḥammilnā mā lā ṭāqata lanā bih, wa'fu 'annā, wagfir lanā, war-ḥamnā, anta maulānā fanṣurnā 'alal-qaumil-kāfirīn

Artinya:

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

5 Keutamaan dua ayat terakhir surah Al-Baqarah

Berikut adalah kumpulan keutamaan ketika Bunda membaca dua ayat terakhir surah Al-Baqarah setiap hari:

1. Sama nilainya dengan membaca satu surat penuh

“Siapa yang membaca dua ayat terakhir surah Al-Baqarah, maka keduanya cukup baginya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa orang yang membaca dua ayat terakhir Al-Baqarah sama nilainya dengan membaca penuh surah tersebut.

2. Dikabulkan segala permintaan

Melansir dari laman CNN Indonesia, dari Ibnu Abbas Ra, ia berkata, “Ketika Jibril duduk bersama Nabi SAW, tiba-tiba terdengar suara benturan yang keras dari atas kepalanya. Kemudian Jibril berkata, ini adalah suara pintu di langit yang belum pernah dibuka kecuali hari ini, kemudian turun melalui pintu itu malaikat yang belum pernah turun kecuali hari ini.”

Kemudian malaikat itu memberi salam dan berkata, ‘Berilah kabar gembira dengan adanya dua cahaya yang keduanya diberikan kepada-Mu (Muhammad) dan belum pernah diberikan kepada seorang Nabi pun sebelum kamu, yaitu pembuka kitab (surah Al-Fatihah) dan penutup surah Al-Baqarah. Tidaklah kamu membaca satu huruf dari keduanya kecuali akan diberikan kepadamu (permintaanmu).’ (HR. Muslim)

3. Mendapatkan perlindungan Allah SWT

Diriwayatkan dari Nu’man bin Basyir dari Nabi bahwasanya beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah telah menulis kitab (Lauh Mahfuzh) dua ribu tahun sebelum Dia menciptakan langit dan bumi. Dia menurunkan dua ayat dari kitab tersebut yang menjadi akhir surah Al-Baqarah dan tidaklah seseorang membacanya di dalam rumah selama tiga malam kecuali setan tidak akan memasukinya.”

4. Terhindar dari kejahatan

Melansir dari laman detikcom, membaca dua ayat terakhir surah Al-Baqarah dapat mencukupi segala kebutuhan dunia dan akhirat. Kedua ayat itu juga akan melindungi pelindung dari setiap gangguan kejahatan.

5. Diberikan anugerah yang berlimpah

Rasulullah SAW memberitahu bawah beliau dianugerahi penutup surah Al-Baqarah sebagai gudang (penyimpan harta) di bawah ‘Arsy.

Nah, itulah bacaan dua ayat terakhir surah Al-Baqarah beserta keutamaannya. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Pilihan Redaksi

  • Kumpulan Doa agar Lulus Ujian Sekolah, Tes Kerja hingga CPNS
  • 40 Ucapan Doa untuk Ibu Baru Melahirkan, Menyentuh Hati dari Islami hingga Bahasa Inggris
  • 75 Contoh Ucapan Minal Aidin wal Faizin Idul Adha 2024

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

(asa/fia)

2 Ayat Terakhir Surah Al Baqarah 285-286 dan Keutamaannya, Pelindung dari Segala Keburukan (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Kelle Weber

Last Updated:

Views: 6248

Rating: 4.2 / 5 (53 voted)

Reviews: 84% of readers found this page helpful

Author information

Name: Kelle Weber

Birthday: 2000-08-05

Address: 6796 Juan Square, Markfort, MN 58988

Phone: +8215934114615

Job: Hospitality Director

Hobby: tabletop games, Foreign language learning, Leather crafting, Horseback riding, Swimming, Knapping, Handball

Introduction: My name is Kelle Weber, I am a magnificent, enchanting, fair, joyous, light, determined, joyous person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.